Esay


“Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi”

Dalam era globalisasi dunia, perkembangan pendidikan sangat pesat dan persaingan makin ketat terutama bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk dapat mempersiapkan sumber daya yang berkualitas, suatu perguruantinggi harus mampu membekali sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi sesuai dengan profesinya. Dunia pendidikan berperan sangat penting dalam upayameningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena pendidikan merupakanlingkungan tempat berlangsungnya proses pembentukan profesi melalui proses belajar mengajar. Hal ini merupakan titik utama yang perlu diperhatikan dalam upaya menghasilkan calon calon profesional dengan kualitas dan kuantitas yang memadai.
 “Mendapatkan pekerjaan yang layak”,  merupakan salah satu tujuan  belajar di Perguruan Tinggi. Hal itu sepertinya telah mengakar pada masyarakat kita. Kuliah di universitas ataupun  perguruan tinggi bukan lagi dengan tujuan utama mencari ilmu, tapi ada motif lain yaitu kelak setelah lulus berharap mendapatkan pekerjaan layak. Pekerjaan dapat menjadi tolok ukur keberhasilan seseorang dari hasil belajar di Perguruan Tinggi. Memang tak bisa kita pungkiri, meski tidak mutlak pekerjaan menentukan berhasil atau tidaknya seseorang, tapi  pada kenyataannya seperti itu. Berkembangnya zaman, semakin canggihnya teknologi, dan semakin cepatnya arus informasi menyebabkan semakin tingginya kompetisi hidup dalam segala bidang.
Untuk menghadapinya, selain dengan meningkatkan potensi diri  dengan penguasaan beberapa keterampilan seperti keterampilan berbahasa asing dan penguasaan teknologi seperti  komputer.  Kita juga dituntut untuk pandai-pandai  dalam memilih bidang yang memiliki prospek baik ke depan. Salah satu pilihan itu adalah Akuntansi. Ditengah krisis moneter yang membuat lesunya perekonomian, jasa akuntan tak kunjung henti dibutuhkan. Malah  ketika reformasi bergulir, dan masyarakat menuntut transparansi dari pemerintah maupun sector swasta, jasa akuntan semakin dibutuhkan. Prospek kerja yang cukup menjanjikan dari bidang akuntansi ini menjadikan Jurusan Akuntansi  menjadi  salah satu jurusan favorit di berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi, salah satunya di Universitas Lampung (Unila). Berdasarkan data yang diperoleh untuk  dari jurusan akuntansi Unila tentang rata-rata masa tunggu bekerja lulusan akuntansi Unila pada tahun 2000,2001,dan 2002,  bahwa  sekitar 75% lulusan S1 Akuntansi  menunggu masa kerja selama kurang dari 6 bulan dan dari 75% ini terdapat sekitar 20% mahasiswa yang sudah mendapatkan pekerjaan selama masih kuliah. Sedangkan yang menunggu masa kerja lebih dari 6 bulan hanya sekitar 25%.

Referensi
https://www.academia.edu/15586759/PERBEDAAN_PERSEPSI_MOTIVASI_DAN_MINAT_MAHASISWA_AKUNTANSI_ANGKATAN_2008_UNIVERSITAS_BRAWIJAYA_ATAS_PEMILIHAN_BIDANG_KERJA_SETELAH_MENJADI_SARJANA_AKUNTANSI_Yoesdhita_Agisio_Chirdiansyah
http://fe-akuntansi.unila.ac.id/popups/contentwindow.php?id=50&print=print

Komentar

Postingan Populer